Home » , » 20 Tips Mengatasi Ngidam

20 Tips Mengatasi Ngidam

Untuk calon ibu atau seorang wanita, istilah ngidam ini sudah lumrah dan sering di dengar dimana-mana saat membicarakan tentang kehamilan. Mual-mual, pusing dan muntah ketika sedang hamil merupakan gejala yang hampir dialami oleh semua wanita hamil, terutama di usia kehamilan 1-4 bulan. Dalam salah satu penelitian, bahkan disebutkan bahwa 50-70% wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah atau ngidam.

Merasa mual sepanjang hari dapat dialami sebagian wanita hamil muda, ada juga yang hanya timbul ketika sore hari, sebagian lagi merasakan gejala ngidam ini jika pada malam harinya kurang tidur. Namun sebagian besar gejala ngidam biasanya timbul di pagi hari, oleh sebab itulah ia dikenal juga dengan istilah ‘morning sickness‘.

Nah, walaupun biasanya gejala ini akan berkurang bahkan menghilang setelah usia kehamilan 4 bulan, ada baiknya jika kepengenhamil.blogspot.com berbagi mengenai beberapa tips untuk mengatasinya…

1. Makanlah dalam jumlah sedikit, namun sering. Semakin kosong perut Anda, semakin mudah Anda merasa mual. Begitu pula sebaliknya, jika perut Anda terlalu penuh karena kenyang, ini juga bisa memicu timbulnya mual.

2. Minumlah 1/2 jam sebelum atau sesudah makan, tapi jangan berbarengan ketika Anda makan

3. Minum ketika siang hari walaupun sedikit, akan sangat membantu mencegah dehidrasi.

Semakin Anda mengalami dehidrasi, maka gejala mual akan semakin menguat

4. Jangan berbaring sesaat setelah makan

5. Jangan tidak makan sama sekali

6. Jangan memasak atau memakan makanan yang terlalu ‘kuat’ bumbunya, seperti kari, dan sebagainya

7. Makanlah sejenis Saltine Crackers (semacam kue Cabin atau Khong Guan) di pagi hari ketika baru bangun tidur. Ini juga akan membantu Anda merasa haus, dan mendorong Anda untuk minum, sehingga asupan air menjadi cukup

8. Hindari apa saja yang berbau tidak enak (termasuk makanan), karena dapat memancing mual. Jika sulit menghindar, simpanlah ekstrak atau buah melon, dan setiap kali ada bau yang tidak enak datang, Anda bisa mengendusnya untuk mengurangi rasa mual.

9. Kalau proses memasak membuat Anda semakin mual, Anda bisa meminta tolong orang lain agar memasak untuk Anda, dan usahakan agar aromanya tidak terperangkap di dalam rumah.

10. Istirahatlah yang cukup, dan sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk tidur siang

11. Jika Anda seorang wanita karir, maka sesekali Anda bisa izin untuk tidak bekerja dulu. Atau bahkan Anda bisa mengambil cuti agak panjang ketika proses ngidam memuncak. Istirahat yang cukup sangat membantu mengatasi ngidam lho!

12. Hindari tempat panas dan pengap, karena akan memicu gejala mual

13. Untuk mengatasi rasa mual, Anda dapat mengkonsumsi apa saja yang berbahan dasar jahe atau lemon, seperti, permen jahe, permen lemon. Atau jika Anda mau agak repot sedikit, Anda bisa membuat minuman jahe atau lemon.

14. Kripik kentang juga bisa membantu Anda menambah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Coba juga buah seperti semangka, karena hampir semua wanita yang ngidam tidak bermasalah dengan buah yang satu ini.

15. Sebagian wanita melakukan sedikit gerakan senam untuk mengurangi pengaruh ngidam. Anda juga bisa mencobanya. Namun pastikan Anda melakukan gerakan-gerakan yang aman untuk Anda dan janin di dalam rahim Anda!

16. Jika Anda banyak bekerja dengan menggunakan komputer atau notebook, pastikan Anda meluangkan waktu sesaat untuk memejamkan mata Anda dan beristirahat. Lakukanlah hal ini agak sering, karena menatap monitor komputer terlalu lama bisa membuat mual Anda bertambah parah

17. Kurangi memakan makanan yang berminyak seperti gorengan dan kari.

18. Carilah pengalihan, agar Anda tidak terganggu dengan kondisi ngidam yang datang. Cobalah berjalan ke luar rumah, membaca buku, dan kegiatan lainnya yang Anda senangi. Dengan begini, Anda bisa ‘melupakan’ gejala ngidam yang timbul.

19. Buatlah persiapan jika Anda sering keluar rumah. Perlengkapan sederhana seperti kantong plastik, makanan cemilan, permen jahe, air mineral, sikat dan pasta gigi akan sangat membantu ketika Anda ‘terpaksa’ muntah dalam perjalanan. Oya, jangan lupa baju ganti :)

20. Yang terakhir buat ibu hamil ungkapkanlah perasaan Anda kepada suami Anda. Mungkin saja dia lupa mandi lalu menghampiri Anda, sebagian wanita hamil tidak menyukai bau keringat suaminya.

Nah, mudah-mudahan tips-tips di atas bisa membantu Anda mengatasi ngidam. Ngidam adalah sesuatu yang lahir dengan sendirinya.

Dan yang lebih penting, pastikan Anda siap menyambut kedatangan buah hati Anda. Kesiapan yang diperlukan bukan hanya dalam bentuk finansial atau barang-barang perlengkapan lho, tapi juga dalam bentuk pengetahuan.

Yakin diri bahwa  anda bisa memelihara bayi tanpa kerepotan dalam perawatannya, Pahamilah sistem manajemen pemeliharaan bayi atau Anda bisa baca Artikelnya disini.
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kepengen Hamil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger