Skip to main content

Cara Menstimulasi Bayi Sejak Dini Agar Cerdas

Menstimulasi bayi sejak dalam kandungan, agar cerdas dan pintar ketika ia beranjak balita hingga besar nantinya. Berikut tips untuk menjadikan anak jadi cerdas.

Jaga Emosi
Ibu hamil perlu selalu menjaga kondisi emosi. Ingat, ibu yang cemas akan melahirkan bayi yang cemas. Ibu yang pemarah juga kan melahirkan bayi yang pemarah. Sejak dalam kandungan, janin dapat belajar karakter dan merasakan emosi ibu. Ibu yang bahagia juga memungkinkan nutrisi yang lebih baik bagi bayi sehingga otak tumbuh lebih optimal.

Berikan Musik
Saat kehamilan berusia 20 minggu, bayi sudah mulai dapat mendengar. Stimulus suara berkekuatan 5000 hingga 8000 Hz. Suara berkekuatan ini dapat menembus cairan ketuban dan mencapai pendengaran bayi. “Bisa dengan memperdengarkan musik Mozart untuk bayi. Banyak penelitian menyebutkan, DHA dan musik sangat berperan dalam pertumbuuhan kecerdasan janin dalam kandungan.

Ajak Bicara
Saat berusia sekitar 30 minggu dalam kandungan, janin dapat mendengar dan mengingat kata-kata. Saat ini, janin juga dapat mengingat kata-kata yang membuatnya sedih sebagaimana yang dilontarkan Ibu kepadanya.

Sugesti yang Baik -Baik
Saat telah menginjak kehamilan 24 minggu, ibu sebaiknya banyak mengajak bayi berbicara. Saat usia ini bayi sudah dapat memberikan respon berupa gerakan. Namun berikan sugesti yang baik-baik, misal mengatakan anak baik, anak pintar, anak soleh dan sebagainya. Kata-kata ini akan selalu diingatnya dan anak juga akan menjadi anak yang tenang ketika telah lahir.

Makan Sehat
Upayakan tetap makan sehat kendati sedang mual dan muntah. Jika tak mampu menelan makanan dalam porsi normal, cobalah makan dengan porsi kecil dan bervariasi.

Popular posts from this blog

Peran Al-Qur’an Bagi Janin

Bagi para umat muslim bukanlah hal yang asing jika membicarakan mengenai peran Al-Qur’an bagi janin. Seperti yang diketahui, bahwa peran Al-Qur’an bukan hanya diperuntukkan hanya untuk janin melainkan Al-Qur’an memberikan pengaruh besar bagi banyak orang. Namun pada kesempatan ini, akan dijelaskan mengenai peran Al-Qur’an yang berfungsi untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Banyak yang berpendapat bahwa musik klasik dapat mencerdaskan anak nantinya, tetapi sayangnya hal tersebut belum teruji secara ilmiah atau bisa juga dikatakan belum adanya penelitian yang menyatakan bahwa pendapat tersebut benar adanya. Bahkan tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa musik klasik ciptaan Mozart dapat membantu tumbuh kembang janin terlebih dari sistem kerja otak. Maka disini akan dibahas mengenai peran Al-Qu’an bagi janin yang seharusnya berada di atas musik klasik. Hal tersebut dikarenakan isi dari Al-Qu’an merupakan pesan yang disampaikan Tuhan atau Allah SWT kepada seluruh umatnya di

Vitamin dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan

Kita memerlukan kombinasi sejumlah vitamin lain dan mineral untuk menjaga fertilitas. Mengkonsumsi berlebihan unsur gizi tertentu tapi kurang mengkonsumsi unsur lainnya justru merugikan fertilitas (dan kesehatan) kita lho. Dalam kondisi apa pun, pola makan dengan gizi seimbang harus tetap dipertahankan. Berikut adalah nutrisi yang bila dikonsumsi secara seimbang akan menambah kesuburan kita:  1. Vitamin E Vitamin E sangat penting bagi sistem reproduksi pria dan wanita. Bagi wanita, vitamin E menjaga sistem endokrin dan produksi hormon-hormon yang baik. Bagi pria, vitamin E mendukung produksi sperma dan hormon-hormon seks serta mencegah kerusakan DNA sperma. Sebuah riset menunjukkan bahwa kerusakan yang ekstensif pada DNA sperma dapat menyebabkan infertilitas. Kerusakan DNA tersebut terutama disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E sebagai antioksidan dapat mencegah kerusakan DNA sperma. Asupan vitamin E yang disarankan adalah 400 UI per hari. Sumber utama vitamin E adalah kecam

20 Tips Mengatasi Ngidam

Untuk calon ibu atau seorang wanita, istilah ngidam ini sudah lumrah dan sering di dengar dimana-mana saat membicarakan tentang kehamilan. Mual-mual, pusing dan muntah ketika sedang hamil merupakan gejala yang hampir dialami oleh semua wanita hamil, terutama di usia kehamilan 1-4 bulan. Dalam salah satu penelitian, bahkan disebutkan bahwa 50-70% wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah atau ngidam. Merasa mual sepanjang hari dapat dialami sebagian wanita hamil muda, ada juga yang hanya timbul ketika sore hari, sebagian lagi merasakan gejala ngidam ini jika pada malam harinya kurang tidur. Namun sebagian besar gejala ngidam biasanya timbul di pagi hari, oleh sebab itulah ia dikenal juga dengan istilah ‘morning sickness‘. Nah, walaupun biasanya gejala ini akan berkurang bahkan menghilang setelah usia kehamilan 4 bulan, ada baiknya jika kepengenhamil.blogspot.com berbagi mengenai beberapa tips untuk mengatasinya… 1. Makanlah dalam jumlah sedikit, namun sering. Semakin kosong perut